Selasa, 13 Mei 2014

Pemilihan Letak Perusahaan PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA



     LAPORAN FIELDTRIP
“PEMILIHAN LETAK PERUSAHAAN”
Oleh :
Nama      : Surya ningsih
Nim         : 1322050313
Kelas     : B

AGRIBISNIS PERIKANAN/XXVI
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAGKEP
2014
i      
KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan KaruniaNya sehingga Makalah ini dapat disusun dengan baik dan lancar, tak lupa pula kita kirimkan salam serta salawat kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam gelap gulita menuju alam yang terang benderang seperti saat ini.
Laporan ini membahas tentang Pemilihan Letak Perusahaan dari PT. ESAPUTLI PRAKARSA TAMA dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran.
Semoga dengan adanya Laporan ini dapat memberi manfaat bagi pembaca khususnya kepada penyusun. Namun dalam makalah ini tentu masih banyak kekurangannya maka dari itu penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi kesempurnaan Laporan Ini.
Akhir kata…
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.



      Mandalle,26 April 2014
Penyusun


                                                ii
DAFTAR ISI
Halaman Sampul                   .................................................................................................. ..i
Kata Pengantar                     ................................................................................................. ..ii
Daftar Isi                                ................................................................................................ ..iii
Daftar Pustaka                      ................................................................................................ ..v
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang               ................................................................................................. ..1
1.2  Tujuan                             ................................................................................................. ..3
BAB II METODOLOGI
2.1  Waktu dan Tempat        ................................................................................................. ..4
2.2  Alat Dan Bahan             ................................................................................................. ..4
2.3  Metode Pelaksana          ................................................................................................. ..4
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1.1 Pemilihan Letak Perusahaan .................................................................................... ..5
            - Lokasi Perusahaan             .................................................................................... ..5
            - Perusahaan Sejenis             ..................................................................................... ..5
3.1.2 Aglomerasi                    ................................................................................................ ..5
3.1.3 Deglomerasi                  ................................................................................................ ..6
3.4 Struktur Organisasi Perusahaan  ................................................................................. ..6
3.5 Dasar Pemilihan Letak Perusahaan      ......................................................................... ..8
                                                                                                                                                iii
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan                      ................................................................................................ ..9
4.2  Saran Dan Kritik            .............................................................................................. ..10

















                                                                                                                                                iv
BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang
Tempat dan Letak Perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketetapan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik dalam kaitannya dengan kemudahan-kemudahan yang di berikan maupun dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi. Dengan demikian, letak dan tempat kedudukan perusahaan harus di putuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, di tinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Disamping pertimbangan terhadap kebutuhan pada saat pendirian, pemilihan letak dan tempat kedudukan perusahaan harus pula mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan rencana di masa depan dalam hal perluasan pabrik, diservikasi produksi, daerah pemasaran hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku, dan sebagainya.
-           Letak Perusahaan
Letak Perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan di pengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah:
• Harga bahan mentah/bahan pembantu
• Tingkat upah buruh
• Tanah
 Pajak
• Tingkat bunga
• Biaya alat produksi tahan lama
• Biaya atas jasa pihak ketiga
-          Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi empat, yaitu :                                                                                                                                                                                                    1
1. Terikat keadaan alam
2. Terikat sejarah
3. Terikat oleh Pemerintah
4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
- Letak Perusahaan yang Terikat Pada Alam
Letak perusahaan yang terikat alam pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak di daerah faktor produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas minyak bumi, dan sebagainya. Sebagai contoh, perusahaan pertambangan timah di Indonesia memilih letak perusahaannya di pulau Bangka.
- Letak Perusahaan Berdasarkan Sejarah
Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah. Sebagai contoh, perusahaan batik banyak didirikan di yogya, karena pada mulanya batik di kerjakan para wanita keraton untuk mengisi waktu senggangnya. Seni kerajinan ini kemudian menyebar luas ke sekitarnya dan pada umumnya di kerjakan masyarakat untuk mengisi waktu karena tidak ada pekerjaan di sawah. Dalam perkembangannya, kegiatan ini di organisir dalam perusahaan di Yogyakarta dengan pertimbangan di daerah tersebut tersedia banyak tenaga kerja andal di bidang pembatikan, di sertai dengan dukungan budaya yang kuat dari masyarakat sekitarnya.
-          Letak Perusahaan yang Ditetapkan Pemerintah
dalam hal ini letak perusahaan ditentukan pemrintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya. Sebagai contoh, letak perusahaan bahan kimia yang berbahaya di tentukan di lokasi yang agak terisolir dari masyarakat sekitar dengan harapan limbah yang dihasilkan perusahaan tersebut tidak menganggu masyarakat, ataupun bilamana suatu saat terjadi sesuatu yang tidak di harapkan terhadap perusahaan tersebut dampaknya dapat di tekan serendah mungkin.
-          Letak Perusahaan yang Di Pengaruhi Faktor-Faktor Ekonomi                                                                                                                                                                      2
Faktor-faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi, serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.


1.2          Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan fieldtrip ini adalah sebagai berikut:
-          Mahasiswa mampu melihat dan mengetahui secara langsung proses produksi dan pembenihan udang vaname
-          Mahasiswa mapu membandingkan antara teori yang didapatkan di peruliahan dengan yang didapatkan langsung di lapangan.












                                                                                                                    3
BAB II
METODOLOGI
2.1. Waktu Dan Tempat                  
Hari/Tanggal                           : Rabu, 17 April 2014
Waktu                                     :  07.30-selesai
Tempat                                    : Kab. Barru Kel.Mallawa Kec. Mallutasi

2.2. Alat Dan Bahan
Adapun Alat/Bahan dalam kegiatannya fieldtrip ini yaitu:
1.      Pulppen
2.      Buku
3.      Jadwal kegiatan fieldtrip

2.3. Metode Pelaksana
            Adapun metode yang digunakan yaitu:
-          Metode observasi yaitu metode yang dilakukan dengan turun langsung kelapangan dan melakukan tanya jawab dengan pemilik Perusahaan Tersebut.




4
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
HASIL
Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan fieldtrip ini yaitu mahasiswa mampu mengetahui Letak Perusahaan dari PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA “BENUR KITA”.

3.1 PEMBAHASAN
3.1.1 Pemilihan Letak Perusahaan
            - Lokasi Perusahaan
Lokasi perusahaan PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA berada di daerah Jalange Kel.Mallawa KeL.Mallusetasi Kab.Barru Provinsi Sulawesi Selatan.
            - Perusahaan Sejenis
Perusahaan PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA memiliki pesaing atau sejenisnya  yaitu PT. SADIRI JAYA yang berada didaerah Palandro Kab. Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Jarak dari perusahaan “Benur Kita” yaitu 5 kilometer dari perusahaan.
3.1.2 Aglomerasi
Aglomerasi adalah pengelompokkan beberapa perusahaan dalam suatu daerah atau wilayah sehingga membentuk daerah khusus industri. Aglomerasi juga bisa dibagi mencadi dua macam, yaitu aglomerasi primer di mana perusahaan yang baru muncul tidak ada hubungannya dengan perusahaan lama, dan aglomerasi sekunder jika perusahaan yang baru beroperasi adalah perusahaan yang memiliki tujuan untuk memberi pelayanan pada perusahaan yang lama.
Pada Perusahaan PT ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA adalah perusahaan lama yang berdiri sendiri.
                                                                                                                                                5
3.1.3 Deglomerasi
Deglomerasi adalah suatu kecenderungan perusahaan untuk memilih lokasi usaha yang terpisah dari kelompok lokasi perusahaan lain.
Pada Perusahaan PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA tidak memiliki cabang didaerah-daerah lain.
3.1.4 Strukur Organisasi Perusahaan
ORGANISASI
(KUASA  PEMEGANG SAHAM)








 
DIREK. KEUANGAN                      DIREKTUR                      DIREK.PEMASARAN
                                                                       

  
       GENERAL MANAJER
                 (Wakil GM)






                                                                                                                                                6
1.      Manajer Produksi Benur
- Kepala Seksi Larva → kepala unit → pembantu s. Larva
- Kepala Seksi Algae → pembantu s. Algae
- Kepala Seksi Induk→ pembantu s. Induk
2. Manajer Administrasi Keuangan
     - Pembukuan
     - Kasir
     - Pengadaan
     - Keamanan
     - Sopir
     - Rumah Tangga
3. Manajer Mechanichal Engineering & Construetion
     - Listrik
     - Mechanik
     -  Pengadaan Air
4. Manajer Pemasaran
     - Kepala Wilayah Pemasaran
     - Kepala Wilayah Penjualan
     - Karyawan Packing



                                                                                                                                                                                                                                      7

3.1.5 Dasar Pemilihan Letak Perusahaan
Adapun dasar pemilihan letak perusahann PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA yaitu :
1.      Sesuai kebutuhan kualitas  air pembenihan
2.      Letaknya strategis , pinggir jalan, dan mudah didatangi
3.      Bahan baku tersedia
4.      Tenaga jkerja tersedia
           















                                                                                                                                                8
BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA “BENUR KITA”
PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA merupakan Perusahaan yang berada didaerah Jalange kel.Mallawa Kec.Mallusetasi Kab. Barru.
Daerah Pemasaran 
Adapun beberapa daerah pemasaran yang dilakukan yaitu :
Lokal               : sulsel , sulbar , sulut ,sulteng, dan Gorontalo
Nasional          : Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jogja
Alasan mengapa dipilih daerah di Sulawesi dan Jawa, NTB, dan Bali untuk dipasarkannya produk tersebut karena harga lebih bagus dan jumlah permintaan didaerah  tersebut cukup banyak dan juga agar memperluas pasar.
PT . ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA memiliki perusahaan yang sejenis dengannya yaitu PT. SADIRI JAYA yang berada didaerah Palandro Kab. Barru.
Bahan Baku ;
Adapun bahan baku perusahaan, yaitu:
-          Udang
-          Ikan Bandeng
Produk utamanya :
-          Benur udang
-          Nener Ikan Bandeng
-          Udang Vaname
Produk sampingannya:
-          Naupli Udang Vaname
9
4.2  Saran dan Kritik
Adapun saran dan kritik dari kami yaitu agar kedepannya kegiatan fieldtrip berikutnya dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah tentukan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan efektif dan efesien sehingga menghasilkan output yang memuaskan. Sekian dan terima kasih.
           



























                                                                                                                                    10
DAFTAR PUSTAKA

Wawancara langsung dengan direktur utama PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA BARRU.
























                                                                                                          v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar