
“PEMILIHAN LETAK PERUSAHAAN”

Oleh :
Nama : Surya ningsih
Nim : 1322050313
Kelas : B
AGRIBISNIS PERIKANAN/XXVI
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAGKEP
2014
i
KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr.Wb.
Puji syukur kita panjatkan atas
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan KaruniaNya sehingga
Makalah ini dapat disusun dengan baik dan lancar, tak lupa pula kita kirimkan
salam serta salawat kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah
membawa kita dari alam gelap gulita menuju alam yang terang benderang seperti
saat ini.
Laporan ini membahas tentang Pemilihan
Letak Perusahaan dari PT. ESAPUTLI PRAKARSA TAMA dengan mata kuliah Manajemen
Pemasaran.
Semoga dengan adanya Laporan ini
dapat memberi manfaat bagi pembaca khususnya kepada penyusun. Namun dalam
makalah ini tentu masih banyak kekurangannya maka dari itu penyusun sangat
mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi kesempurnaan Laporan Ini.
Akhir kata…
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.
Mandalle,26
April 2014
Penyusun
ii
DAFTAR ISI
Halaman Sampul ..................................................................................................
..i
Kata Pengantar .................................................................................................
..ii
Daftar Isi ................................................................................................
..iii
Daftar Pustaka ................................................................................................
..v
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang .................................................................................................
..1
1.2
Tujuan .................................................................................................
..3
BAB II METODOLOGI
2.1 Waktu dan Tempat .................................................................................................
..4
2.2 Alat Dan Bahan .................................................................................................
..4
2.3 Metode Pelaksana .................................................................................................
..4
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1.1 Pemilihan Letak Perusahaan ....................................................................................
..5
- Lokasi
Perusahaan ....................................................................................
..5
- Perusahaan
Sejenis .....................................................................................
..5
3.1.2 Aglomerasi ................................................................................................
..5
3.1.3 Deglomerasi ................................................................................................
..6
3.4 Struktur Organisasi Perusahaan .................................................................................
..6
3.5 Dasar Pemilihan Letak Perusahaan .........................................................................
..8
iii
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan ................................................................................................
..9
4.2
Saran Dan Kritik ..............................................................................................
..10
iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Tempat dan Letak Perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting
yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketetapan pemilihan letak
dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik dalam
kaitannya dengan kemudahan-kemudahan yang di berikan maupun dalam kaitannya
dengan efisiensi biaya produksi. Dengan demikian, letak dan tempat kedudukan
perusahaan harus di putuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, di
tinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Disamping pertimbangan terhadap
kebutuhan pada saat pendirian, pemilihan letak dan tempat kedudukan perusahaan
harus pula mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan rencana di
masa depan dalam hal perluasan pabrik, diservikasi produksi, daerah pemasaran
hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku, dan sebagainya.
-
Letak Perusahaan
Letak Perusahaan adalah tempat
perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan di pengaruhi
faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi
perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang
mempengaruhi biaya adalah:
• Harga bahan mentah/bahan pembantu
• Tingkat upah buruh
• Tanah
• Pajak
• Tingkat bunga
• Biaya alat produksi tahan lama
• Biaya atas jasa pihak ketiga
• Harga bahan mentah/bahan pembantu
• Tingkat upah buruh
• Tanah
• Pajak
• Tingkat bunga
• Biaya alat produksi tahan lama
• Biaya atas jasa pihak ketiga
-
Jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan dapat dibedakan
menjadi empat, yaitu : 1
1. Terikat keadaan alam
2. Terikat sejarah
3. Terikat oleh Pemerintah
4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
2. Terikat sejarah
3. Terikat oleh Pemerintah
4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
- Letak Perusahaan yang Terikat
Pada Alam
Letak perusahaan yang terikat
alam pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang
berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umumnya terletak di daerah faktor
produksi alamnya, seperti perusahaan timah, emas minyak bumi, dan sebagainya.
Sebagai contoh, perusahaan pertambangan timah di Indonesia memilih letak
perusahaannya di pulau Bangka.
- Letak Perusahaan Berdasarkan
Sejarah
Dalam hal ini perusahaan
menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya
dapat di jelaskan berdasarkan sejarah. Sebagai contoh, perusahaan batik banyak
didirikan di yogya, karena pada mulanya batik di kerjakan para wanita keraton
untuk mengisi waktu senggangnya. Seni kerajinan ini kemudian menyebar luas ke
sekitarnya dan pada umumnya di kerjakan masyarakat untuk mengisi waktu karena
tidak ada pekerjaan di sawah. Dalam perkembangannya, kegiatan ini di organisir
dalam perusahaan di Yogyakarta dengan pertimbangan di daerah tersebut tersedia
banyak tenaga kerja andal di bidang pembatikan, di sertai dengan dukungan
budaya yang kuat dari masyarakat sekitarnya.
-
Letak Perusahaan yang Ditetapkan Pemerintah
dalam hal ini letak perusahaan
ditentukan pemrintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan
sebagainya. Sebagai contoh, letak perusahaan bahan kimia yang berbahaya di
tentukan di lokasi yang agak terisolir dari masyarakat sekitar dengan harapan
limbah yang dihasilkan perusahaan tersebut tidak menganggu masyarakat, ataupun
bilamana suatu saat terjadi sesuatu yang tidak di harapkan terhadap perusahaan
tersebut dampaknya dapat di tekan serendah mungkin.
-
Letak Perusahaan yang Di Pengaruhi Faktor-Faktor Ekonomi 2
Faktor-faktor yang berpengaruh
penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan bersifat industri
adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air,
ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi, serta
kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.
1.2
Tujuan
Adapun
tujuan dari kegiatan fieldtrip ini adalah sebagai berikut:
-
Mahasiswa mampu melihat dan mengetahui secara langsung proses produksi
dan pembenihan udang vaname
-
Mahasiswa mapu membandingkan antara teori yang didapatkan di peruliahan
dengan yang didapatkan langsung di lapangan.
3
BAB II
METODOLOGI
2.1.
Waktu Dan Tempat
Hari/Tanggal : Rabu, 17 April 2014
Waktu : 07.30-selesai
Tempat : Kab. Barru
Kel.Mallawa Kec. Mallutasi
2.2. Alat Dan Bahan
Adapun
Alat/Bahan dalam kegiatannya fieldtrip ini yaitu:
1. Pulppen
2. Buku
3. Jadwal kegiatan fieldtrip
2.3. Metode Pelaksana
Adapun metode yang digunakan yaitu:
-
Metode observasi yaitu metode yang dilakukan dengan turun langsung
kelapangan dan melakukan tanya jawab dengan pemilik Perusahaan Tersebut.
4
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
HASIL
Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan fieldtrip ini yaitu
mahasiswa mampu mengetahui Letak Perusahaan dari PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA
“BENUR KITA”.
3.1 PEMBAHASAN
3.1.1 Pemilihan Letak Perusahaan
- Lokasi Perusahaan
Lokasi perusahaan
PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA berada di daerah Jalange Kel.Mallawa
KeL.Mallusetasi Kab.Barru Provinsi Sulawesi Selatan.
- Perusahaan Sejenis
Perusahaan PT.
ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA memiliki pesaing atau sejenisnya yaitu PT. SADIRI JAYA yang berada didaerah
Palandro Kab. Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Jarak dari perusahaan “Benur
Kita” yaitu 5 kilometer dari perusahaan.
3.1.2 Aglomerasi
Aglomerasi adalah pengelompokkan beberapa perusahaan dalam
suatu daerah atau wilayah sehingga membentuk daerah khusus industri. Aglomerasi
juga bisa dibagi mencadi dua macam, yaitu aglomerasi primer di mana perusahaan
yang baru muncul tidak ada hubungannya dengan perusahaan lama, dan aglomerasi
sekunder jika perusahaan yang baru beroperasi adalah perusahaan yang memiliki
tujuan untuk memberi pelayanan pada perusahaan yang lama.
Pada Perusahaan PT
ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA adalah perusahaan lama yang berdiri sendiri.
5
3.1.3 Deglomerasi
Deglomerasi adalah suatu kecenderungan perusahaan untuk
memilih lokasi usaha yang terpisah dari kelompok lokasi perusahaan lain.
Pada Perusahaan PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA
tidak memiliki cabang didaerah-daerah lain.
3.1.4 Strukur Organisasi Perusahaan
ORGANISASI

![]() |
![]() |

GENERAL MANAJER
(Wakil GM)
6
1.
Manajer Produksi
Benur
- Kepala Seksi
Larva → kepala unit → pembantu s. Larva
- Kepala Seksi
Algae → pembantu s. Algae
- Kepala Seksi
Induk→ pembantu s. Induk
2. Manajer Administrasi Keuangan
- Pembukuan
- Kasir
- Pengadaan
- Keamanan
- Sopir
- Rumah Tangga
3. Manajer Mechanichal
Engineering & Construetion
- Listrik
- Mechanik
-
Pengadaan Air
4. Manajer Pemasaran
- Kepala Wilayah Pemasaran
- Kepala Wilayah Penjualan
- Karyawan Packing
7
3.1.5 Dasar Pemilihan Letak Perusahaan
Adapun dasar
pemilihan letak perusahann PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA yaitu :
1.
Sesuai kebutuhan kualitas
air pembenihan
2.
Letaknya strategis , pinggir jalan, dan mudah didatangi
3.
Bahan baku tersedia
4.
Tenaga jkerja tersedia
8
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
PT.
ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA “BENUR KITA”
PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA merupakan Perusahaan
yang berada didaerah Jalange kel.Mallawa Kec.Mallusetasi Kab. Barru.
Daerah
Pemasaran
Adapun beberapa daerah pemasaran
yang dilakukan yaitu :
Lokal :
sulsel , sulbar , sulut ,sulteng, dan Gorontalo
Nasional : Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat dan
Jogja
Alasan mengapa dipilih daerah di
Sulawesi dan Jawa, NTB, dan Bali untuk dipasarkannya produk tersebut karena
harga lebih bagus dan jumlah permintaan didaerah tersebut cukup banyak dan juga agar
memperluas pasar.
PT . ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA
memiliki perusahaan yang sejenis dengannya yaitu PT. SADIRI JAYA yang berada
didaerah Palandro Kab. Barru.
Bahan Baku ;
Adapun bahan baku perusahaan,
yaitu:
-
Udang
-
Ikan Bandeng
Produk utamanya :
-
Benur udang
-
Nener Ikan Bandeng
-
Udang Vaname
Produk sampingannya:
-
Naupli Udang Vaname
9
4.2
Saran dan Kritik
Adapun
saran dan kritik dari kami yaitu agar kedepannya kegiatan fieldtrip berikutnya
dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah tentukan agar kegiatan tersebut
dapat berjalan dengan efektif dan efesien sehingga menghasilkan output yang
memuaskan. Sekian dan terima kasih.
10
DAFTAR PUSTAKA
Wawancara langsung dengan
direktur utama PT. ESAPUTLI PRAKARSA UTAMA BARRU.
v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar