Selasa, 13 Mei 2014

MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN



KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim”
Dengan memanjatkat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat  dan karunia-Nya kepada penyusun sehingga akhirnya  dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah Segmentasi Pasar Jenis Air Laut ini kami susun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah MANAJEMEN PEMASARAN.
Pada kesempatan ini  izinkanlah penyusun menyampaikan rasa hormat dan ucapan terimakasih kepada dosen pembimbing, serta rekan-rekan kami yang tengah turut membantu dalam pembuatan makalah ini.
Penyusun sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dalam bentuk,isi maupun teknik penyajiannya. Oleh sebab itu,  kritikan yang bersifat membangun dari berbagai pihak penyusun terima dengan baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.




Pangkep, 20 April 2014
         Penyusun








DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................
Daftar Isi............................................................................
Daftar Pustaka..................................................................
           BAB I
PENDAHULUAN
a.   Latar Belakang.........................................................
b.   Rumusan Masalah....................................................
c.    Tujuan Masalah........................................................

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian.................................................................
B. Jenis Olahan Nugget................................................
C. Strategi Segmentasi Pasar........................................
                                                                                       
BAB III
PENUTUP
a.   Kesimpulan................................................................
b.   Kritik dan Saran.......................................................



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Indonesia memiliki wilayah perairan yang luasnya mencapai 5,8 juta km2 dan didalamnya menjanjikan potensi ekonomi terutama dari ikan sebagai sumber gizi tinggi bagi masyarakat. Namun sampai saat ini, masih sekitar 58,5 persen dari potensi pelestarian ikan laut yang mencapai 6,18 juta ton per tahun yang di-manfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka, padahal nilai protein dan gizi yang terkandung dalam ikan sangat tinggi (http://www. beritaiptek.com.).
Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan juga dapat menghindarkan dari penyakit degenaratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia, R.A.Hj. Ning Sudjito, ST, berdasarkan penelitian ditemukan bahwa mutu protein ikan setingkat dengan protein daging, sedikit di bawah telur dan diatas protein sereal dan kacang-kacangan. Asam amino ikan dapat mening-katkan mutu protein pangan lain. Ikan laut kaya akan lemak, vitamin dan mineral, sedangkan ikan tawar banyak mengandung karbohidrat. Ikan memiliki kandungan yodium tinggi yang bisa mencapai 830 mikro gram per kilogram. Berbeda dengan daging yang hanya 50 mikro gram dan telur 93 mikrogram. Selain itu, ikan meng-andung omega-3 yang bermanfaat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jadi, sering mengkonsumsi ikan dapat membantu mencegah terjadinya aterosklerosis dan panyakit jantung. Apalagi asam lemak omega-3 dan omega-6 pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Asam lemak ini juga sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil yang dapat membentuk otak janin (http://www .beritaiptek.com).
B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan tugas dan hasil penelitian selaku mahasiswa dengan hasil pemaparan diatas  maka rumusan masalah makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui wilayah perairan Indonesia
2.      Mengenal jenis ikan air laut
3.      Mengetahui jenis-jenis gizi pada ikan air laut
4.      Manfaat ikan laut pada tubuh manusia
C.   Tujuan Masalah
Berkaitan dengan pembuatan makalah ini yang berjudul segmentasi pasar jenis air laut, maka tujuan pembuatan makalah ini adalah tidak lain untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca khusunya mahasiswa supaya mempunyai jiwa seorang wirausaha dan mengetahui pentingnya sebuah fungsi Manajemen Pemasaran. Selain itu tujuan pembuatan makalah ini antara lain:
1.      Untuk Mengetahui Apakah Yang dimaksud dengan segmentasi pasar jenis air laut
2.      Mendeskripsikan Bagaimana Bentuk-bentuk  segmentasi pasar
3       Untuk Menjelaskan Apakah Alasan Seseorang untuk berwirausaha dibidang perikanan.
5.      Memberi Gambaran Bagaimanakah Cara Menumbuhkan sifat jiwa wirausaha bagi diri sendiri maupun orang lain.
6.      Mensimulasikan produk jenis air laut
7.      Mengetahui cara pengolahan dan manfaat ikan air laut.












BAB II
PEMBAHASAN
A.   PENGERTIAN

Marketing enterpreneurship nugget
Penentuan pasar
Penentuan Pasar-pasar begitu luas sehingga pengusaha harus memilih pasar mana saja yang akan dilayani,agar dapat fokus. Yaitu upaya-upaya untuk mengelompokkan pasar, hal ini untuk mempermudah bagaimana memperlakukan pasar, tidak hanya itu tapi kita harus melihat kebutuhan konsumen, dengan mengetahui kebutuhan konsumen,kita dapat menilai produksi yang kita buat. Perencanaan produk harus disesuaikan dengan selera pasar  yang dibidik,misalnya nugget ikan yang kita kelolah, kita melihat bahwa di sekitar kampus tingkat konsumsi nugget ikan untuk jenis olahan produk jarang ditemukan bahkan sampai dikosumsi, sehingga kami berinesiatif untuk membuka nugget ikan.
Manajemen harga
Manajemen harga adalah bentuk upaya yang paling strategis dalam mengawali persaingan, bisa berawal dari perhitungan yang baik,mulai dari output,proses,dan input secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.
Distribusi
Distribusi adalah merupakan bagian dari strategimarketing sehingga ada pihak ke-3 konsumen.
Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena menggunakan rantai atau jalur.
Komunikasi dan promosi
Dalam komunikasi ini menjadi lini yang patut disusun dengan baik karena ini yang akan menjadi pertemuan atau awal hubungan berupa informasi-informasi. Komunikasi ini meliputi pemasaran,sistem publikasi,promosi penjualan,hubungan relasi,penjualan langsung,pembentukan media pendukung.semua akan berjalan dengan apa yang kita inginkan.



B.   JENIS OLAHAN NUGGET

NUGGET IKAN
Deskripsi
Nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir.  Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk “Chicken Nugget” yang sudah dikenal lebih dahulu.
Rendahnya konsumsi ikan di Indonesia, menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, disebabkan oleh lemahnya sistem penawaran, pemasaran, dan kekurangan suplai ikan ke daerah-daerah yang jauh dari pantai atau dari pembudidaya ikan. Jadi untuk itu perlu dilakukan terobosan baru dalam men-dorong masyarakat untuk lebih menyukai mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan protein, dan selanjutnya untuk meningkatkan ke-cerdasan masyarakat di Indonesia. Rasa ikan yang amis, juga merupakan faktor lain yang menyebabkan masyarakat kurang menyukai produk dari ikan.
Fish Nugget “Fine”  merupakan suatu bentuk produk olahan daging ikan yang terbuat dari ikan yang telah giling dan dicetak dalam bentuk potongan empat persegi ataupun bentuk lainnya yang menarik. Potongan ini kemudian dilapisi tepung berbumbu (battered dan breaded). Meskipun kandungan gizi dan protein ikan jauh lebih tinggi dari ayam dan daging lainnya, namun produk-produk dari ikan kurang popular di Indonesia. Bahkan nugget di Indonesia yang paling banyak adalah chicken nugget, sedangkan Fish Nugget Fine  belum terlalu popular di Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Nugget). Untuk itu dengan produk Fish Nugget “Fine”  ini diharapkan masyarakat dapat menikmati ikan tidak dengan rasa ikan yang amis, namun produk ikan ini akan dikemas dengan rasa yang berbeda, lebih menarik, gurih, dan nikmat.
Usaha pembuatan Fish Nugget “Fine” sangat berpotensi untuk masyarakat di Indonesia. Bahan baku utama Fish Nugget “Fine” ini adalah ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki perairan yang sangat luas sehingga hasil ikan di Indonesia sangat melimpah. Bahkan Indonesia juga menjadi salah satu produsen ikan terbesar di dunia dengan hasil tangkapan ikan yang sangat banyak, sehingga harga ikan relatif murah, yaitu sekitar  Rp 12.000,00 per kilogram ( ikan lele) atau sekitar Rp 35.000,00 per kilogram (ikan tengiri).
Di Indonesia, ikan biasanya diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dikukus, sehingga jika dinilai dari segi ekonomi nilai ikan dengan olahan bisaa menghasilkan nilai ekonomi yang kurang. Untuk itu dengan adanya pengolahan ikan menjadi Fish Nugget “Fine” , maka akan dapat menambah nilai ekonomi dari ikan. Ikan yang telah diolah menjadi Fish Nugget “Fine” dijual dengan harga Rp 2.000,00 tiap kemasan dengan isi 50 gram atau 5 buah Fish Nugget “Fine”. Produk Fish Nugget “Fine” dengan mempergunakan bahan baku ikan tengiri, untuk 1 kilo gram bahan baku dapat menghasilkan 50 unit produk. Penggunaan ikan dalam pembuatan nugget ini memiliki keunggulan tersendiri, selain memiliki rasa yang gurih, kandungan gizi dan protein Fish Nugget “Fine”  sangat baik untuk menunjang kecerdasan otak. Untuk itu dengan usaha Fish Nugget “Fine”  ini, selain bertujuan untuk profit oriented, usaha ini juga dapat bermanfaat bagi konsumen dalam upaya peningkatan gizi dan kecerdasan masyarakat di Indonesia.
Potensi pemasaran Fish Nugget “Fine” sangat luas. Meskipun tidak semua masyarakat menyukai produk dari ikan yang notabene identik dengan rasa amis, namun dengan adanya Fish Nugget “Fine” dengan penampilan yang unik dan rasa yang lezat, diperkirakan masyarakat akan tertarik untuk mengkonsumsinya sebagai salah satu pelengkap makanan pokok mereka. Dengan demikian, penjualan Fish Nugget “Fine” dapat dilakukan secara optimal. Produk Fish Nugget “Fine” dikemas dalam plastik kedap udara, dan dijual di warung dan toko, serta dijual langsung oleh produsen kepada konsumen. Dalam upaya meningkatkan tingkat keberhasilan pemasaran dan kepuasan konsumen, maka dalam pemasaran produk dilakukan kombinasi 4 (empat) variabel marketing mix atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, yaitu produk, harga, kegiatan promosi, dan tempat (saluran distribusi) atau sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, and  Place).
Fish Nugget “Fine”  ini diproduksi di Tulungagung yang merupakan pemasok terbesar ikan air tawar di Jawa Timur. Usaha Fish Nugget “Fine”  ini diberikan merk “Fine” yang merupakan kependekan dari Fish Nugget “Fine” , tujuan pemberian merk ini adalah agar mudah dihafalkan oleh konsumen. Sedangkan slogan dari usaha ini adalah “Eat Fine For a Better Tomorrow”, yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat untuk lebih menyukai ikan dengan mengkonsumsi Fish Nugget “Fine” untuk esok yang lebih baik (gizi, kesehatan, dan kecerdasan). Berikut Langkah-langkah pembuatan Fish Nugget “Fine”.
Tujuan:
a.    untuk memperkuat permodalan dalam usaha Pembuatan Nugget Ikan untuk mengembangkan sumber daya yang memadai dalam . sub sektor perikanan
b.    untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat
c.    menumbuhkembangkan usaha produksi pembuatan Nugget Ikan yang  sangat berpotensi

Sasaran
Sasarannya adalah penguatan modal kelompok usaha perikanan dalam proses pembuatan nugget ikan kakap dan ikan tuna dalam rangka menggalakkan kebiasaan makan ikan dan peningkatan gizi masyarakat

Produksi
Adapun pertimbangan wirausaha kami dalam produk yang akan dihasilkan adalah:
a.    Permintaan konsumen terhadap produk
b.    Kebutuhan konsumen yang belum teridentifikasi
c.    Persaingan dalam pasar
d.   Sumber-sumber daya yang menunjang produksi

Fungsi

Fungsi teknologi pengolahan nugget ikan sebagai upaya diversifikasi olahan daging ikan dengan memanfaatkan berjenis-jenis ikan sehingga diperoleh produk daging yang empuk dan bergizi dengan rasa khas.

Tujuan

Tujuan pengolahan nugget ikan untuk mendapatkan hasil olahan daging ikan yang empuk, gurih yang merupakan hasil modifikasi dari chicken nugget dan digemari oleh msyarakat.
C.    STRATEGI SEGMENTASI PASAR

Aspek Pemasaran

Produk olahan Nugget ikan, bila diproduksi sesuai dengan kriteria mutu yang baik dan sanitasi serta higiene yang memadai, dapat dipasarkan ke swalayan besar
Lokasi
Potensi sumberdaya ikan tuna dan ikan kakap di Sulawesi selatan cukup melimpah.  Dengan demikian perlu adanya pengolahan ikan tersebut dalam bentuk nugget. Bakso, dan otak-otak ikan dengan pertimbangan sebagai berikut:
a.                        Dekat dengan sumber bahan baku/ sumber daya
b.                       Dekat dengan pasar (tranportasi)
c.                        Tanggapan/ penerimaan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar

 Pemasaran
Dalam membuka suatu usaha tentu harus ada pasar/pemasaran yaitu:
a.                        Segment pasar
b.                       Target pasar
c.                        Strategi pemasaran termasuk sebagai kebijakan harga
d.                       Pemasaran dilakukan secara langsung ( direct ) kepada pembeli
e.                         konsumen dengan menyediakan tempat usaha yang bisa di jangkau oleh                     konsumen dan melakukan promosi visual.

 Persaingan
Dalam berwirausaha tentu ada tingkat daya saingnya yang tinggi dimana kita dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan sebuah produk yang berkualitas dan mampu menarik banyak permintaan, maka dari itu kami memilih membuka usaha “PEMBUATAN NUGGET, IKAN” ini agar konsumen dapat tertarik pada produk yang telah kami produksi tersebut.





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir.  Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk “Chicken Nugget” yang sudah dikenal lebih dahulu.
Manfaat Ikan Laut
Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang paling tinggi ketimbang ikan air tawar karena kemampuan mempertahankan suhu tubuhnya sehinggga lemak tetap cair pada suhu air laut. Meskipun kandungan omega 3 yang tinggi akan tetapi tidak semuanya ikan laut baik untuk kesehatan, apalagi untuk Ibu hamil dan menyusui. Ikan laut yang mengandung tinggi merkuri sebaiknya dihindari dalam membantu mempertahankan kesehatan anda dan bayi.
B.     Kritik dan  Saran
     Adapun saran dan kritik dari penyusun tentang makalah segmentasi pasar jenis air laut,yaitu penyusun sebagai calon wirausaha sebagai generasi wirausaha sukses lainnya hendaknya dapat memahami tentang segmentasi pasar  agar kedepannya penyusun dapat merealisasikan fungsi dari segmentasi pasar tersebut yang akan penyusun kelolah dan kembangkan nantinya. Adapun kritik dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kekurangan karena sumber informasi tentang segmentasi pasar jenis air laut sangatlah terbatas. Sesungguhnya kesalahan dan kekurangan ada pada diri penyusun dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata. Maka dari itu penyusun siap menerima segala saran dan kritik dari pembaca.

***“wassalam”***
MAKALAH
MANAJEMEN PEMASARAN
SEGMENTASI PASAR JENIS AIR LAUT
DISUSUN OLEH :
KELAS B / XXVI
KELOMPOK III

AGRIBISNIS PERIKANAN
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP
2014

1 komentar:

  1. As reported by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh 42 pounds less than we do.

    (And actually, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING to do with "how" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "what"...

    Click on this link to reveal if this quick test can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus