KATA PENGANTAR
“Bismillahirrahmanirrahim”
Dengan memanjatkat puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penyusun sehingga akhirnya
dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah Segmentasi Pasar Jenis Air Laut ini kami susun
dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah MANAJEMEN
PEMASARAN.
Pada kesempatan ini izinkanlah penyusun menyampaikan rasa
hormat dan ucapan terimakasih kepada dosen pembimbing, serta rekan-rekan kami
yang tengah turut membantu dalam pembuatan makalah ini.
Penyusun sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dalam bentuk,isi
maupun teknik penyajiannya. Oleh sebab itu,
kritikan yang bersifat membangun dari berbagai pihak penyusun terima dengan baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi kita semua.
Pangkep, 20 April 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar.................................................................
Daftar
Isi............................................................................
Daftar
Pustaka..................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar
Belakang.........................................................
b.
Rumusan
Masalah....................................................
c.
Tujuan
Masalah........................................................
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian.................................................................
B.
Jenis Olahan
Nugget................................................
C.
Strategi Segmentasi Pasar........................................
BAB III
PENUTUP
a.
Kesimpulan................................................................
b.
Kritik dan
Saran.......................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Indonesia memiliki wilayah perairan yang luasnya mencapai
5,8 juta km2 dan didalamnya menjanjikan potensi
ekonomi terutama dari ikan sebagai sumber gizi tinggi bagi masyarakat. Namun
sampai saat ini, masih sekitar 58,5 persen dari potensi pelestarian ikan laut
yang mencapai 6,18 juta ton per tahun yang di-manfaatkan oleh masyarakat untuk
memenuhi kebutuhan gizi mereka, padahal nilai protein dan gizi yang terkandung
dalam ikan sangat tinggi (http://www. beritaiptek.com.).
Kandungan gizi yang terkandung dalam ikan juga dapat
menghindarkan dari penyakit degenaratif seperti jantung koroner, tekanan darah
tinggi, stroke dan kanker. Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi
Perusahaan Jasaboga Indonesia, R.A.Hj. Ning Sudjito, ST, berdasarkan penelitian
ditemukan bahwa mutu protein ikan setingkat dengan protein daging, sedikit di
bawah telur dan diatas protein sereal dan kacang-kacangan. Asam amino ikan
dapat mening-katkan mutu protein pangan lain. Ikan laut kaya akan lemak,
vitamin dan mineral, sedangkan ikan tawar banyak mengandung karbohidrat. Ikan
memiliki kandungan yodium tinggi yang bisa mencapai 830 mikro gram per
kilogram. Berbeda dengan daging yang hanya 50 mikro gram dan telur 93
mikrogram. Selain itu, ikan meng-andung omega-3 yang bermanfaat menurunkan
kadar kolestrol dalam darah. Jadi, sering mengkonsumsi ikan dapat membantu
mencegah terjadinya aterosklerosis dan panyakit jantung. Apalagi asam lemak
omega-3 dan omega-6 pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Asam lemak
ini juga sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil yang dapat membentuk otak
janin (http://www .beritaiptek.com).
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan tugas dan hasil penelitian selaku mahasiswa dengan hasil
pemaparan diatas maka rumusan
masalah makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui wilayah perairan Indonesia
2. Mengenal jenis ikan air laut
3. Mengetahui jenis-jenis gizi pada ikan air laut
4. Manfaat ikan laut pada tubuh manusia
C. Tujuan Masalah
Berkaitan dengan pembuatan makalah ini yang berjudul segmentasi pasar jenis air laut, maka tujuan pembuatan makalah ini
adalah tidak lain untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca khusunya
mahasiswa supaya mempunyai jiwa seorang
wirausaha dan mengetahui pentingnya sebuah fungsi Manajemen Pemasaran. Selain itu tujuan pembuatan
makalah ini antara lain:
1. Untuk Mengetahui Apakah Yang dimaksud dengan segmentasi pasar jenis air laut
2. Mendeskripsikan Bagaimana Bentuk-bentuk segmentasi pasar
3 Untuk Menjelaskan Apakah Alasan Seseorang untuk berwirausaha dibidang perikanan.
5.
Memberi Gambaran Bagaimanakah
Cara Menumbuhkan sifat jiwa wirausaha bagi diri sendiri
maupun orang lain.
6.
Mensimulasikan produk jenis air laut
7.
Mengetahui cara pengolahan dan manfaat
ikan air laut.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
Marketing enterpreneurship nugget
Penentuan pasar
Penentuan Pasar-pasar begitu luas sehingga
pengusaha harus memilih pasar mana saja yang akan dilayani,agar dapat fokus.
Yaitu upaya-upaya untuk mengelompokkan pasar, hal ini untuk mempermudah
bagaimana memperlakukan pasar, tidak hanya itu tapi kita harus melihat
kebutuhan konsumen, dengan mengetahui kebutuhan konsumen,kita dapat menilai
produksi yang kita buat. Perencanaan produk harus disesuaikan dengan selera
pasar yang dibidik,misalnya nugget ikan
yang kita kelolah, kita melihat bahwa di sekitar kampus tingkat konsumsi nugget
ikan untuk jenis olahan produk jarang ditemukan bahkan sampai dikosumsi,
sehingga kami berinesiatif untuk membuka nugget ikan.
Manajemen harga
Manajemen harga adalah bentuk upaya yang paling strategis dalam mengawali
persaingan, bisa berawal dari perhitungan yang baik,mulai dari
output,proses,dan input secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.
Distribusi
Distribusi adalah merupakan
bagian dari strategimarketing sehingga ada pihak ke-3 konsumen.
Distribusi adalah layanan yang
bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena menggunakan rantai atau jalur.
Komunikasi dan promosi
Dalam komunikasi ini menjadi lini yang patut disusun dengan baik karena ini
yang akan menjadi pertemuan atau awal hubungan berupa informasi-informasi.
Komunikasi ini meliputi pemasaran,sistem publikasi,promosi penjualan,hubungan
relasi,penjualan langsung,pembentukan media pendukung.semua akan berjalan
dengan apa yang kita inginkan.
B.
JENIS OLAHAN NUGGET
NUGGET IKAN
Deskripsi
Nugget ikan merupakan produk
diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia,
berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk
lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir. Nugget
ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk “Chicken Nugget” yang
sudah dikenal lebih dahulu.
Rendahnya konsumsi ikan di Indonesia, menurut Menteri
Kelautan dan Perikanan Indonesia, disebabkan oleh lemahnya sistem penawaran,
pemasaran, dan kekurangan suplai ikan ke daerah-daerah yang jauh dari pantai
atau dari pembudidaya ikan. Jadi untuk itu perlu dilakukan terobosan baru dalam
men-dorong masyarakat untuk lebih menyukai mengkonsumsi ikan untuk memenuhi
kebutuhan gizi dan protein, dan selanjutnya untuk meningkatkan ke-cerdasan
masyarakat di Indonesia. Rasa ikan yang amis, juga merupakan faktor lain yang
menyebabkan masyarakat kurang menyukai produk dari ikan.
Fish Nugget “Fine” merupakan suatu bentuk produk olahan daging
ikan yang terbuat dari ikan yang telah giling dan dicetak dalam bentuk potongan
empat persegi ataupun bentuk lainnya yang menarik. Potongan ini kemudian
dilapisi tepung berbumbu (battered
dan breaded). Meskipun kandungan gizi
dan protein ikan jauh lebih tinggi dari ayam dan daging lainnya, namun
produk-produk dari ikan kurang popular di Indonesia. Bahkan nugget di Indonesia yang paling banyak
adalah chicken nugget, sedangkan Fish Nugget Fine belum terlalu popular di Indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Nugget).
Untuk itu dengan produk Fish Nugget
“Fine” ini diharapkan masyarakat
dapat menikmati ikan tidak dengan rasa ikan yang amis, namun produk ikan ini akan dikemas dengan rasa yang berbeda,
lebih menarik, gurih, dan nikmat.
Usaha pembuatan Fish
Nugget “Fine” sangat berpotensi untuk masyarakat di Indonesia. Bahan baku
utama Fish Nugget “Fine” ini adalah
ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Indonesia merupakan negara
kepulauan yang memiliki perairan yang sangat luas sehingga hasil ikan di
Indonesia sangat melimpah. Bahkan Indonesia juga menjadi salah satu produsen
ikan terbesar di dunia dengan hasil tangkapan ikan yang sangat banyak, sehingga
harga ikan relatif murah, yaitu sekitar
Rp 12.000,00 per kilogram ( ikan lele) atau sekitar Rp 35.000,00 per
kilogram (ikan tengiri).
Di Indonesia, ikan biasanya diolah dengan
cara digoreng, dibakar, atau dikukus, sehingga jika dinilai dari segi ekonomi
nilai ikan dengan olahan bisaa menghasilkan nilai ekonomi yang kurang. Untuk
itu dengan adanya pengolahan ikan menjadi Fish
Nugget “Fine” , maka akan dapat menambah nilai ekonomi dari ikan. Ikan yang
telah diolah menjadi Fish Nugget “Fine” dijual
dengan harga Rp 2.000,00 tiap kemasan dengan isi 50 gram atau 5 buah Fish Nugget “Fine”. Produk Fish Nugget “Fine” dengan
mempergunakan bahan baku ikan tengiri, untuk 1 kilo gram bahan baku dapat
menghasilkan 50 unit produk. Penggunaan ikan dalam pembuatan nugget ini memiliki keunggulan
tersendiri, selain memiliki rasa yang gurih, kandungan gizi dan protein Fish Nugget “Fine” sangat baik untuk menunjang kecerdasan otak.
Untuk itu dengan usaha Fish Nugget
“Fine” ini, selain bertujuan untuk profit oriented, usaha ini juga dapat
bermanfaat bagi konsumen dalam upaya peningkatan gizi dan kecerdasan masyarakat
di Indonesia.
Potensi pemasaran Fish Nugget “Fine” sangat luas. Meskipun tidak semua masyarakat menyukai produk dari ikan yang
notabene identik dengan rasa amis,
namun dengan adanya Fish Nugget “Fine” dengan
penampilan yang unik dan rasa yang lezat, diperkirakan masyarakat akan tertarik
untuk mengkonsumsinya sebagai salah satu pelengkap makanan pokok mereka. Dengan demikian,
penjualan Fish Nugget “Fine” dapat
dilakukan secara optimal. Produk Fish
Nugget “Fine” dikemas dalam plastik kedap udara, dan dijual di warung dan
toko, serta dijual langsung oleh produsen kepada konsumen. Dalam upaya meningkatkan tingkat keberhasilan pemasaran dan kepuasan
konsumen, maka dalam pemasaran produk dilakukan kombinasi 4 (empat) variabel marketing mix atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran, yaitu produk, harga, kegiatan promosi,
dan tempat (saluran distribusi) atau sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, and Place).
Fish Nugget
“Fine” ini diproduksi di
Tulungagung yang merupakan pemasok terbesar ikan air tawar di Jawa Timur. Usaha Fish Nugget
“Fine” ini diberikan merk
“Fine” yang merupakan kependekan dari
Fish Nugget “Fine” , tujuan pemberian
merk ini adalah agar mudah dihafalkan
oleh konsumen. Sedangkan slogan dari usaha ini adalah “Eat Fine For a Better Tomorrow”, yang bertujuan untuk
memperkenalkan kepada masyarakat untuk lebih menyukai ikan dengan mengkonsumsi Fish Nugget “Fine” untuk esok yang lebih
baik (gizi, kesehatan, dan kecerdasan). Berikut
Langkah-langkah pembuatan Fish Nugget “Fine”.
Tujuan:
a. untuk memperkuat permodalan dalam usaha
Pembuatan Nugget Ikan untuk mengembangkan sumber daya yang
memadai dalam . sub sektor perikanan
b. untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat
c. menumbuhkembangkan usaha produksi pembuatan Nugget Ikan
yang sangat berpotensi
Sasaran
Sasarannya adalah penguatan modal kelompok usaha perikanan dalam proses
pembuatan nugget ikan kakap dan ikan tuna dalam rangka menggalakkan
kebiasaan makan ikan dan peningkatan gizi masyarakat
Produksi
Adapun pertimbangan
wirausaha kami dalam produk yang akan dihasilkan adalah:
a.
Permintaan
konsumen terhadap produk
b.
Kebutuhan
konsumen yang belum teridentifikasi
c.
Persaingan
dalam pasar
d.
Sumber-sumber
daya yang menunjang produksi
Fungsi
Fungsi teknologi pengolahan
nugget ikan sebagai upaya diversifikasi olahan daging ikan dengan memanfaatkan
berjenis-jenis ikan sehingga diperoleh produk daging yang empuk dan bergizi
dengan rasa khas.
Tujuan
Tujuan pengolahan nugget ikan untuk mendapatkan hasil olahan
daging ikan yang empuk, gurih yang merupakan hasil modifikasi dari chicken
nugget dan digemari oleh msyarakat.
C.
STRATEGI
SEGMENTASI PASAR
Aspek Pemasaran
Produk olahan Nugget ikan, bila diproduksi sesuai dengan
kriteria mutu yang baik dan sanitasi serta higiene yang memadai, dapat
dipasarkan ke swalayan besar
Lokasi
Potensi sumberdaya ikan tuna dan ikan kakap di Sulawesi
selatan cukup melimpah. Dengan demikian
perlu adanya pengolahan ikan tersebut dalam bentuk nugget. Bakso, dan otak-otak
ikan dengan pertimbangan sebagai berikut:
a.
Dekat
dengan sumber bahan baku/ sumber daya
b.
Dekat
dengan pasar (tranportasi)
c.
Tanggapan/
penerimaan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar
Pemasaran
Dalam
membuka suatu usaha tentu harus ada pasar/pemasaran yaitu:
a.
Segment
pasar
b.
Target
pasar
c.
Strategi
pemasaran termasuk sebagai kebijakan harga
d.
Pemasaran dilakukan secara langsung ( direct )
kepada pembeli
e.
konsumen dengan menyediakan tempat usaha yang
bisa di jangkau oleh konsumen dan
melakukan promosi visual.
Persaingan
Dalam berwirausaha tentu ada tingkat daya saingnya yang
tinggi dimana kita dituntut agar lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan
sebuah produk yang berkualitas dan mampu menarik banyak permintaan, maka dari itu kami memilih membuka usaha “PEMBUATAN NUGGET, IKAN” ini agar konsumen dapat tertarik pada produk yang
telah kami produksi tersebut.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Nugget ikan
merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari
luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu
berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung
roti/panir. Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk “Chicken
Nugget” yang sudah dikenal lebih dahulu.
Manfaat Ikan
Laut
Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang paling tinggi
ketimbang ikan air tawar karena kemampuan mempertahankan suhu tubuhnya
sehinggga lemak tetap cair pada suhu air laut. Meskipun kandungan omega 3 yang
tinggi akan tetapi tidak semuanya ikan laut baik untuk kesehatan, apalagi untuk
Ibu hamil dan menyusui. Ikan laut yang mengandung tinggi merkuri sebaiknya
dihindari dalam membantu mempertahankan kesehatan anda dan bayi.
B.
Kritik
dan Saran
Adapun saran dan
kritik dari penyusun tentang makalah
segmentasi pasar jenis air laut,yaitu penyusun sebagai calon wirausaha sebagai generasi wirausaha sukses lainnya
hendaknya dapat memahami tentang segmentasi pasar agar kedepannya penyusun dapat
merealisasikan fungsi dari segmentasi pasar tersebut yang akan penyusun kelolah dan kembangkan nantinya.
Adapun kritik dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kekurangan karena
sumber informasi tentang segmentasi
pasar jenis air laut sangatlah terbatas. Sesungguhnya
kesalahan dan kekurangan ada pada diri penyusun dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata.
Maka dari itu penyusun siap menerima segala saran dan kritik dari pembaca.
***“wassalam”***
MAKALAH
MANAJEMEN PEMASARAN
SEGMENTASI PASAR JENIS AIR LAUT

DISUSUN OLEH :
KELAS B / XXVI
KELOMPOK III
AGRIBISNIS PERIKANAN
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP
2014
As reported by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh 42 pounds less than we do.
BalasHapus(And actually, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING to do with "how" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", and not "what"...
Click on this link to reveal if this quick test can help you release your true weight loss potential